Selasa, 17 Agustus 2010

Penyanyi Indonesia yang membanggakan Indonesia

Siapa yang tidak mengenal suara indah mereka, walau karir mereka lebih bersinar di luar sana, tapi mereka patut untuk diacungi jempol. Siapakah mereka ? Let's check it out !!

1. Anggun C. Sasmi

Tak perlu diragukan lagi dialah artis pertama Indonesia yang bisa mengembangkan sayapnya hingga ke Eropa. Pada tahun 1994, Anggun memutuskan untuk meninggalkan Indonesia dan mewujudkan impiannya menjadi artis bertaraf internasional. Dengan bantuan Erick Benzi, seorang komposer besar Perancis, pada tahun 1997, wanita yang telah berkewarganegaraan Prancis ini berhasil merilis album internasional pertamanya, Snow on the Sahara, di lebih dari 33 negara di seluruh dunia. Anggun tercatat sebagai penyanyi Asia paling sukses di luar Asia.

2. Shandy Sandoro

Shandy lahir di Jawa tengah dari keluarga pemusik.Selama kuliah Shandy harus menanggung biaya hidup dan kuliahnya sendiri. Dia menjadi street musician atau pengamen di kota Berlin untuk memperoleh penghasilan setelah gagal diterima kerja di sebuah supermarket. Disinilah Shandy mulai di kenal oleh komunitas musisi di Jerman.Banyak yang tidak menyangka kalau Shandy adalah orang Indonesia atau asia karena suaranya yang sangat soulful.
Pada tahun 2007, Shandy mencoba mengikuti Stefan Raabs song contest dan berhasil meraih posisi ke-5. Pada bulan April 2008, Shandy akhirnya mengeluarkan album indie yang berisikan lagu-lagu hasil ciptaanya yang berjudul “Why Dont We”. Single pertamanya yang berjudul “Shine” merupakan hasil kolaborasi dengan DJ Ibiza dan Dublex Inc yang masuk dalam chart hits di radio-radio di Eropa.
Pada tahun 2009, atas dorongan Brandon Stone seorang produser musik, Shandy mengikuti kontes New Wave. Kontes yang mirip dengan Idol ini merupakan salah satu event pencari bakat musik yang penting dan menarik jutaan pemirsa dan media internasional.Shandy menjadi pemenang dari kontes ini bersama dengan seorang penyanyi Ukraina. Di kontes ini, Shandy membawakan beberapa lagu diantaranya When a man loves a woman dan sebuah lagu karangannya sendiri yang berjudul “End of the Rainbow”. Shandy mendapat nilai 10 dan standing ovation ketika menyanyikan lagu-lagu ini. Bahkan juri memuji keberaniannya karena dia membawakan lagu ciptaannya sendiri. Nama Shandy menjadi lebih kuat dan terkenal di dunia internasional setelah memenangkan kontes ini.

3. Dira Sugandi

Kualitas suaranya yang tak diragukan lagi, ternyata tidak membuatnya sukses berkarya si Indonesia ini. Bakat memnyanyi gadis asal Bandung ini ditemukan oleh Peter Basuki, promotor konser grup jazz asal Inggris, Incognito, secara tidak sengaja ketika sedang mengadakan konser di Bandung. Dira pun diboyong ke beberapa kota dalam konser Incognito di Indonesia. Dira pun tambah akrab dengan Bluey dan kawan-kawan. Bluey bahkan menawarinya membuat album setelah mengetahui dirinya tidak mendapatkan tawaran rekaman di Indonesia. "Tapi, aku baru mau setelah lulus kuliah," imbuhnya.

4. Reza Ningtyas Lindh

Reza lahir di Jakarta 1 Januari 1981. Sejak tahun 2004 ia tinggal di Lund, kota kecil di bagian selatan Swedia. Reza menetap disana setelah menikah dan bekerja sebagai pembantu koki. awal mula menyanyi di publik sejak berusia sembilan tahun ketika menyanyi pada perayaan HUT RI. Reza juga pernah berpartisipasi pada Asia Bagus, suatu program pencarian bakat penyanyi Asia di era tahun 90-an.Sejak menetap di Swedia Desember 2004, Reza hanya menyanyi pada perayaan HUT RI di wilayah Skine, Swedia tahun 2006 dengan suaranya yang mengejutkan warga Indonesia lainnya.
Pada awal musim panas tahun 2006 ketika tim audition tiba di Malmo dekat kota Lund, rekan Reza secara diam-diam menjebaknya untuk ikut audisi. Dengan alasan akan mengajak Reza jalan-jalan ke Kopenhagen, teman-teman Reza langsung membawanya ke tempat Audition dimana ratusan orang lainnya juga sudah menunggu giliran.Di sinilah awal perjalanannya di kontes Idol 2009 dimana para juri memilihnya untuk masuk dalam 20 besar di Stockholm yang kemudian disiarkan langsung secara nasional untuk memilih 12 finalis.

5. Daniel sahuleka

Daniel Sahuleka adalah seorang penyanyi Belanda yang berdarah Ambon, Indonesia, yang dilahirkan di Semarang pada 6 Desember. Ia tinggal di Winterswijk, dimana bakat menyanyi dicuatkan oleh Rudy Bennett. Daniel tidak banyak menerbitkan album. Beberapa lagunya yang terkenal di Indonesia antara lain adalah You Make My World So Colorful yang muncul pada awal 1980-an sebagai salah satu lagu dalam album Daniel Sahuleka (1977), serta "Don't Sleep Away The Night" yang merupakan single album dengan judul yang sama pada tahun 1978. Di awal kariernya sebagai penyanyi rekaman, Daniel bernaung di bawah Polydor (Netherland).
Pada tahun 1990-an ia tidak banyak membuat rekaman, kecuali beberapa konser kecil pada 1995 dan beberapa album. Pada 2004 ia menerbitkan sebuah album baru yang antara lain berisi Berdendang, yang kuat diwarnai oleh nada dari tanah leluhurnya, Maluku.


Ehm, ada siapa lagi ya ?? Yang saya tahu cuma itu doang. Tapi kalo dilihat tidak hanya dari sisi musikalnya saja,  bisa2 postingan ini penuh dengan penduduk Indonesia yang berprestasi dan membawa harum nama bangsanya.
Kapan ya saya bisa berprestasi seperti mereka ? Ngga usah di bidang musik deh, suara ancur gini siapa juga yang mau ngedengerin yah ?? Hehehe..
Sedikit terbersit keinginan memberikan sesuatu yang berharga bagi bangsa Indonesia ini, tidak berharap banyak dari apa yang dapat bangsa ini berikan kepada saya, tetapi apa yang dapat saya berikan kepada negri ibu pertiwi ini.. Dan semoga bukan saya saja yang berpikiran seperti ini. Amin.. :)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar